Pengalaman S2 Biologi / Ilmu Kelautan di KMOU, Korea Selatan

Hai ..

Beberapa hari yang lalu, ada komentar di youtubeku "kak spil pengalaman kuliah S2 biologi dong".

Terus, tadi hari ini aku bikin video cerita pengalaman kuliah S2-ku.

Setelah sekian lama engga bikin video cerita di YouTube, agak kaku lagi ngomong depan kamera. Sampe take video banyak banget, seharian. Sesaat setelah selesai ambil video, "kayanya aku engga bisa jadi konten kreator yang langsung ngomong-ngomong depan kamera gini deh". Hehee ..

Jadi, aku coba tuliskan pengalaman S2 ku disini :)


Saat ini, aku udah selesai menjalankan 4 semester studi Master (S2) di Department of Convergence Study on Ocean Science and Technology (OST), Korea Maritime and Ocean University (KMOU).

Di OST, sistem perkuliahannya course-research based. Ada syarat minimal SKS yang perlu di ambil dan melakukan riset dan publikasi minimal 1 artikel di Science Citation Index (SCI) Journal. Selain itu, kita juga harus aktif ikut conference dan project di laboratorium.

---


1. Sistem Kelas

Kelas wajib

Di awal semester, aku ambil mata kuliah "Special Topic of Ocean Science and Technology" dan "Seminar". Kedua kelas tersebut, pembicaranya ganti-ganti setiap minggu, baik itu professor dari KMOU maupun dari universitas atau institusi lain. Lingkup studinya mencakup banyak bidang, ada marine ecology, biotechnology, aquaculture, marine engineering, etc.

Seru kelasnya, karena dapet informasi dan perspektif dari berbagai bidang. Tapi, kelasnya pakai bahasa Korea. Jadi awal-awal itu agak susah ngikutin, dan tiap awal semester dimulai, aku selalu mikir "kenapa aku dulu pilih Korea untuk studi S2 ku(?)" :D

Untuk tugasnya, engga terlalu susah. Kita diminta nge-resume salah satu topik di kelas tersebut, atau cari paper yang berhubungan dengan salah satu topik di kelas tersebut. Boleh dalam bahasa korea atau bahasa inggris.

Clasroom view (actually, this is my thesis defense 🫣)


Kelas pilihan

Untuk kelas pilihan, kita bebas pilih kelas sesuai minat. Kita bisa diskusi sama supervisor untuk ambil kelas-kelas penting yang berkaitan sama penelitian kita. 

Di semester awal-awal, aku ambil beberapa kelas supervisorku, karena bahas ecology and diversity of benthic and plankton community. Kemudian di semester 3 ada ambil earhquake and earth disaster. Mahasiswa yang ambil kelas pilihan, biasanya engga banyak, sekitar 3-6 orang. Engga ada lecture, tapi mahasiswanya yang presentasi tentang penelitian yang berkaitan sama kelasnya. Setelah itu, ada sesi diskusi. Ini sesi yang menurutku bikin deg-degan .. pastinya kita harus bener-bener paham sama penelitiannya, baik dari latar belakang, metode yang digunakan, hasilnya kenapa A? kenapa B?, detail gambar dan grafiknya, dan rekomendasi dari penelitian itu apa. Engga jarang juga kita ditanya pendapat kita tentang paper tersebut: apa yang menurut kita aneh? parameter apa yang seharusnya ada? dll.

Selain itu, aku ada ambil kelas Statistic in ecology. Sedikit berbeda dari kelas pilihan yang lain, kelas ini sebagian besar berupa lecture oleh professor. Beliau ngajar pake bahasa korea juga. Tapi saat itu aku udah sedikit paham bahasa korea. Tapi kita bisa juga tanya pakai bahasa inggris, dan beliau jawab pakai bahasa inggris. Aku suka banget sama kelas ini karena bener-bener bahas detail analisis dan datanya, dan 'ketika apa' kita perlu pake analisis A, B, atau C. Kita juga langsung praktekkan analisisnya pakai beberapa software termasuk Minitab, SPSS, dan Primer.

---


2. Penelitian

Di setiap semester, ada mata kuliah Research field. Sebetulnya itu mata kuliah wajib untuk mahasiswa OST. Tapi akan ku ceritakan di bagian penelitian.

Mata kuliah ini engga ada kelasnya. Kita langsung diskusi dengan supervisor untuk melakukan penelitian, baik research review maupun pengambilan data lapangan langsung. Di tahun pertama, aku ngerjain research review tentang macrozoobenthos studies in Java cora reefs.

Di tahun kedua, aku pengen belajar dan ngerjain penelitian keragaman echinodermata menggunakan identifikasi molekuler (DNA Barcoding). Alhamdulillah nya, aku bisa kerjasama sama Biologi ITS untuk ambil sampel di Situbondo, Jawa Timur, dan disetujui Prof untuk dibiayai penuh penelitiannya.

Echinoderms sampling at Situbondo coral reefs


Dari penelitian-penelitian tersebut, kita harus submit laporan penelitian setiap semester & isi student performance (mengikuti konferensi atau publikasi penelitian setiap tahun ke Departemen OST).

---


3. Project laboratorium

Tiap mahasiswa di lab punya penelitian individu yang mereka dalami. Dalam prosesnya, kita saling belajar, diskusi, dan bantu juga.. termasuk ambil sampel di lapangan, lab eksperimen, dan anaisis data.. setelah itu, biasanya kita ada latihan presentasi penelitian kita untuk minta saran sama temen-temen, sebelum presentasi ke Prof ..

Selain kegiatan internal, sebagian besar lab yang ada di KMOU punya project lab dan terhubung dengan pemerintah korea, universitas lain, maupun perusahaan dan instansi luar maupun dalam negeri. Di Marine Ecology Laboratorium, kita tergabung di grup riset "Benthos" dengan beberapa universitas di Korea, yang salah satu guru besarnya ada di Seoul National University. Setiap spring dan summer, kita ada agenda field trip ke tidal flat untuk ambil sample sedimen untuk Korea Blue Carbon Project, yang selanjutnya dianalisis kepadatan klorofil dan komunitas diatomnya. Selain itu, kita suka kumpul sama temen-temen grup Benthos di kegiatan seminar, guess lecture, summer school, eco film festival, dll.


Ulleungdo field trip

Blue carbon project field trip

---


4. Lain-lain

Makan-makan ..


Jangan lupa jalan-jalan ..

Cafe Pokpo Seoul

Deogyusan National Park


Olahraga juga penting yaa ..


Give n Race 10k, Gwangan bridge, Busan

Badminton ~


Satu lagi, valid pernah ke Korea kalo udah nonton konser di Korea! Ehehe

EXO Fan Meeting: One 2024



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbincang tentang Karir Jurusan Biologi - LENGKAP

Gagal di tahap kedua (Seleksi oleh NIIED) GKS 2021, apa yang perlu diperbaiki?