Finally, I met him in person



"Assalamualaikum"

"Elsa kapan mau ke ancol?"


Berawal dari pesan mas Tri Aryono (aku biasa manggil mas Ari) di hari Minggu, 20 Februari 2022, akhirnya aku jadi berkunjung ke kantor Pusat Penelitian Oseanografi - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2O LIPI), ehh BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) di hari Selasa-nya, 22 Februari 2022. Ehee..

sekarang nama instansinya sudah ganti.


Oke, aku ceritain dulu gimana aku kenal sama mas Tri Aryono.


Setelah aku lulus, aku mencoba berbagai peluang untuk aku bisa melakukan sesuatu. Aku menghubungi peneliti-peneliti di LIPI yang melakukan riset di bidang biologi dan ekologi kelautan, untuk bisa bergabung di tim penelitiannya. Engga cuma peneliti di LIPI, aku juga menghubungi peneliti lainnya di beberapa universitas, salah satunya Professor Peter A. Todd dari National University of Singapore, untuk bergabung jadi research asisstant for a coral reef adaptation and resilience project.

Pak Indra Bayu Vimono, peneliti yang meneliti mengenai echinodermata khususnya bulu babi (sea urchin), membalas emailku dengan sangat ramah dan menawarkan aku untuk membantu penelitiannya. Namun karena beliau masih studi S3 di Perancis dan belum bisa ambil sampel di Indonesia karena ada pembatasan perjalanan (COVID-19), akhirnya aku direkomendasikan untuk bergabung menjadi volunteer di Coral Reef Rehabilitation and Management Program (COREMAP) Project.

Aku menghubungi Ibu Sofia dan kemudian dimasukkan ke grup WhatsApp volunteer project tersebut. Beberapa hari berjalan, terlihat grupnya agak sedikit yang merespon. ehee. Terus mas Ari, sebagai orang yang bertanggung jawab di project tersebut, chat aku personal untuk bantu kegiatan Mangrove Health Index Training yang diadakan P2O LIPI. Setelah bantu kegiatannya, diskusi tentang penelitian, akhirnya mas Ari menyarankan untuk aku mengajukan permohonan magang di LIPI.

Setelah dapat surat permohonan magang dari Biologi ITS (gatau kenapa, padahal aku udah yudisium kelulusan, tapi masih bisa mengajukan surat atas nama kampus. ehee), akhirnya aku resmi jadi anak magang di P2O LIPI 😊


Magang di LIPI

Terhitung sejak 16 November 2020, aku magang di P2O LIPI yang dibimbing oleh mas Ari. Karena kondisi pandemi COVID-19 saat itu masih membuat tidak memungkinkannya untuk bertemu secara langsung, aku diskusi dengan mas Ari secara daring melalui Zoom meeting, untuk membahas mengenai paper yang akan aku tulis, Sponge community (Porifera) in coral reef ecosystem in Sabang, Aceh Province, Indonesia. Paper tersebut membahas mengenai keanekaragaman spons dari segi jenis, penutupan, dan morfologinya yang ditemukan di beberapa lokasi pengamatan di Sabang, Aceh. Selain itu, penulis juga ingin melihat hubungan atau interaksinya dengan kondisi terumbu karang dan substratnya.

daaann, untuk pertama kalinya, 9 Februari 2021, aku submit sendiri paper yang ku tulis dengan aku sebagai penulis pertama, di Biodiversitas: Journal of Biological Diversity 😊 Dalam proses publikasinya, aku menghubungi peneliti di bidang tersebut untuk mereview paperku (pada saat itu, pihak jurnal meminta penulis untuk mencari reviewer sendiri juga), ada beberapa kali review dan revisi, hingga akhirnya paper tersebut dipublikaiskan pada Juni 2021. 

Paper kedua yang ku tulis bersama mas Ari dan peneliti lainnya, dengan judul Coral reef benthic composition and its influence on reef fish communities in Buton Islands didaftarkan ke The 4th International Symposium on Marine Science and Fisheries. Aku juga bikin viedonya di youtubeku 😇 Meskipun engga ada video pas aku presentasi, tapi isi dari tulisanku aku jelasin sedikit di videonya.

Banyak banget yang aku dapatkan selama magang di P2O LIPI. Selama nulis paper tersebut, biasanya di awal ada meeting dengan mas Ari mengenai gambaran papernya akan ke arah mana. Sisanya, aku belajar sendiri, dan tanya ketika aku betul-betul kurang paham (aku cenderung seperti ini ketika belajar sesuatu). Aku belajar gimana bikin tulisan yang sistematis dan enak dibaca, apa itu General Additive Models (GAM), baca data Principal Component Analysis (PCA), analisis data pake R software, review buku dan diskusi terkait pembahasan dari hasil analisis data yang diperoleh.

Selain nulis paper yang aku sebutkan sebelumnya, aku juga terlibat di kegiatan 'FGD penyusunan indeks pada ekosistem terumbu karang Indonesia' dan 'FGD Penerapan Deep Learning untuk deteksi dan identifikasi terumbu karang', bahkan aku pernah dadakan diminta untuk analisis GAM pada suatu malam dan diminta presentasi di Maritime Continent Fulcrum International Conference (MaCiFIC 2021) H-2 sebelum acara karena mas Ari berhalangan hadir untuk presentasi (dadakan bikin ppt nya, dan mikir nanti mau ngomong apa aja/akan ada pertanyaan apa aja. ehee). Tapi karena yang aku kerjain di P2O ini adalah hal yang aku suka, seneng ngerjainnya, jadi oke oke ajaa 😊💓


Mas Ari adalah nama yang hampir selalu aku sebut ketika interview kerja/beasiswa s2

Hampir setiap interview, entah itu interview kerja ataupun seleksi beasiswa S2, muncul beberapa pertanyaan seperti:

'setelah lulus, apa yang kamu lakukan?'
'ceritakan apa yang kamu kerjakan ketika magang!'
'ceritakan paper apa yang mau tulis dan bagaimana pengerjaannya?'

dan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, udah pasti aku akan menceritakan Mas Ari sebagai pembimbingku di P2O LIPI yang betul-betul mengarahkan, mengajarkan, dan me- me- lainnya .. ehehee ..


Pesan dari mas Ari

"aku ingin yang magang disini sama aku itu setidaknya ada sesuatu yang dia hasilkan/dapatkan"


Baru pertama kalinya ketemu langsung, tapi serasa kaka tingkat bertahun-tahun. ehehee

Kantor Pusat Penelitian Oseanografi BRIN berada di Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta. Persis di persimpangan depan pintu timur Ancol. 

Secara garis besar, gedungnya bernuansa biru, dengan exterior membentuk gelombang ombak di gedung Laboratorium Terpadu Riset Oseanografi (LATERO). Kebetulan, di hari datangnya aku kesana adalah hari peresmian gedung LATERO BRIN.

Ketika sampai di depan gedung LIPI, aku telfon mas Ari, dan kemudian diantar ke ruangannya (labnya). Suasana di dalam labnya tidak jauh beda dengan lab di Biologi ITS. Di sana ada meja-meja kerja, buku-buku dan peralatan lab maupun peralatan survey lapangan. 

Kita ngobrol-ngobrol, gimana kerjaan aku di UIII, gimana rencana S2 ku, di P2O lagi ngerjain apa ..
Oh iya, disana juga ada pak Bambang Hermanto, alumni Biologi ITS.

Aku diajak muter-muter gedung dan lab-lab disana. Ada Oceanography Physical Lab, Remote Sensing and GIS Lab, Microbiology Lab, Plankton Lab, dan lainnya. Oh iya, disana juga ada perpustakaannya. Tapi sayang, perpusnya engga buka di akhir pekan. Perjalanan muter-muter gedung ditutup dengan berkunjung ke rooftopnya. How a great view!!

dan disitu aku bilang, "kayanya aku udah betah disini mas. wkwk".

...

Pulangnya aku mampir ke ancol 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman S2 Biologi / Ilmu Kelautan di KMOU, Korea Selatan

Berbincang tentang Karir Jurusan Biologi - LENGKAP

Gagal di tahap kedua (Seleksi oleh NIIED) GKS 2021, apa yang perlu diperbaiki?