Tim Penelitian ini Rekrut HIU HARIMAU untuk Bantu Penelitian!

Tiger shark with camera in Bahamas Banks’ seagrass bed


Tidak hanya terdiri dari manusia, tim penelitian ini juga merekrut Hiu Harimau atau Tiger Shark (Galeocerdo cuvier) untuk mengestimasi luasan Lamun di Bahamas Banks, yang terletak di pesisir tenggara Amerika, sebelah utara Kuba!

Hai, aku Elsa Dianita Aulia. Ini adalah tulisan serial ONEW: Ocean Life Review yang pertama! mari kita menyelam kepadang lamun bersama Hiu Harimau ~~~~


Oh iya, sebelum kita lanjut, “Lamun itu apa si?”

Okee, jadi lamun merupakan tumbuhan sejenis rumput yang ada di sekitar perairan laut dangkal, yang bisa beradaptasi dengan fluktuasi salinitas tinggi.

Penelitian oleh Austin J Gallagher et.al, yang dipublikasikan pada 1 November 2022, menjelaskan bahwa 7 kamera yang dipasang di 7 hiu harimau, mengungkapkan 70% mereka hidup di area lamun, tag satelit juga dipasang di 8 hiu untuk membantu mengestimasi luasannya.


Dengan perhitungan penginderaan jauh dan dengan bantuan Tiger Shark, tim penelitian ini mengungkapkan luasan Lamun sekitar 60.000 hingga 92.000 kilometer persegi, mengestimasi >30% area baru dari luasan sebelumnya. Jenis lamun yang ditemukan disana diantaranya disominasi oleh Halophila decipiens dan Halodule wrightii. Saat ini, Bahama Banks dimungkinkan menjadi tuan rumah ekosistem lamun terbesar di dunia.

Jika dibandingkan dengan Indonesia, yang saat ini di antara negara anggota ASEAN memiliki luasan padang lamun tertinggi, luasan tersebut sekitar 17 kali-nya luasan lamun di Indonesia. Hmm, apa jangan-jangan luasan lamun di Indonesia banyak yang belum diketahui keberadannya yaa ..?

Penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau yang saat ini menjadi BRIN, mencatat luasan lamun di Indonesia adalah 2.934 km persegi pada tahun 2018. dan 5.375 km persegi berdasarkan Allen Coral Atlas.


Mengapa kita perlu tahu luasan lamun? bagaimana peran ekosistem lamun untuk lingkungan?

Padang lamun di perairan pesisir memiliki peran sebagai area asuhan (nursery) jenis ikan kecil, penyedia makanan dugong dan penyu hijau, area berlindung biota laut, produsen primer makanan bagi ikan dan biota lainnya, perangkap suspensi sedimen, memperlambat arus sepanjang pantai, dan juga penyimpan karbon. Waah, banyak banget. Ehee.

Penelitian yang dilakukan oleh organisasi Nonprovit Beneath the Waves ini memberikan informasi baru bahwa jangkauan yang lebih luas dan kemampuan berenang yang lebih dalam oleh hiu harimau bisa menjadi metode baru untuk mengestimasi luasan padang lamun, sebagai cadangan karbon dunia, dalam upaya pencegahan perubahan iklim kedepannya.


Referensi:

A.J. Gallagher et al. Tiger sharks support the characterization of the world’s largest seagrass ecosystem. Nature Communications. Vol. 13, November 1, 2022, p. 6328. doi: 10.1038/s41467–022–33926–1

Artikel padang lamun di Indonesia: Ekosistem Padang Lamun di Indonesia Masih Kurang Bagus | Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (lipi.go.id)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman S2 Biologi / Ilmu Kelautan di KMOU, Korea Selatan

Berbincang tentang Karir Jurusan Biologi - LENGKAP

Gagal di tahap kedua (Seleksi oleh NIIED) GKS 2021, apa yang perlu diperbaiki?